Sunday, December 9, 2012

KEBAHAGIAN SEGALANYA

Google Ads
Cerita Kiriman:
Hidayat Fernando, S.Pd
Guru SM-3T SMP N SATAP WOLOOJA 3, ENDE
faldo8878@gmail.com



Hari ini tanggal 6 September 2012, hari ini saya menemukan pelajaran baru lagi. Haha..sore ini pukul 17.02 seperti 2 sore belakangan saya melakukan jogging sore dalam rangka mengurangi berat badan. Hal ini Karena dua bulan mendatang saya harus balik kepadang, sedangkan berat badan saya saat ini sudah lumayan berat (gede’). Seperti 2 hari belakangan saya mencoba melaksanakan kebiasaan ini dengan lari sekitar +- 1,5 km. tetapi pada hari ini saya lari sampai 3 km. perhitungan 3 km di ukur karena jarak dari rumah sampai jembatan besi adalah 3 km. tetpai lumayan capek ya lari sendirian disore hari. Kadang merasa aneh juga ketika orang-orang sini (Pribumi) melihat saya yang notabene orang pendatang untuk lari sore. Karena tanpa lari sore pun orang sini sudah bekerja keras di lading dan di kebun, sehingga mereka berfikir buat apalagi lari disore hari. Lebih baik saya beristirahat sambil menikmati secangkir kopi yang di campur dengan haila (jahe).
Tetapi sore kali ini beda dengan sore dua hari yang lalu, kali ini pas sampai jembatan besi saya istirahat. Rencananya sih setelah istirahat mau melanjutkan jogging lagi kebawah (kerumah). Tetapi beberapa menit berselang datang 4 orang anak yang berjalan membawa golok (semacam alat untuk memotong tumbuhan). Kemudian dengan santainya saya bertanya pada mereka “mau kemana anak ganteng…??” dan mereka pun dengan sumbringah (senang) menjawab kalau
kami mau cari makan kambing om..!!”. OM..??? dalam benak saya muncul pertanyaan mengapa yah saya yang baru 23 tahun dipanggil Om. Hmmm…tapi saya Cuma berfikir EPEN ko (Emank penting kah). Kemudian saya melanjutkan obrolan ringan dengan menanyakan “emangnya dimana kamu mau mencari makan kambing…??” mereka menjawab lagi “di Hombho Om.
Jreeeeng…saya tambah penasaran dengan tempat itu sehingga saya memutuskan untuk minta ikut sama mereka. Hehe dan mereka juga mau mengajak saya untuk pergi kekebun mereka, sepanjang perjalanan kami bercengkramah seputar nama saya dan asal saya. Kemudian saya juga menanyai nama mereka,. Dan baru saya ketahui bahwa nama mereka adalah anto, ando, andro, dan afdal. Perjalanan dari jembatan ke kebun/ tempat yang dimaksud (hombho) sekitar 12 menitan mungkin jarak dari jembatan kesana ada sekitar 1Km. ternyata tempat yang dimaksud hanya hamparan sawah yang airnya bersumber dari akar pepohonan yang ada disana, sehingga pengairan tetap tidak ada. Secara otomatis sawah itu hanya mengandalkan air rembesan akar pohon saja.
Setelah sampai tempat tujuan saya bertanya sama mereka, “apakah kalian tidak capek harus berjalan sejauh itu dan mengangakat makanan ternak yang lumayan berat (tanaman). Dan mereka dengan senyuman khas flores dan gigi putih super kinclong menjawab, “ah ini biasa kok pak,Belum ada apa-apanya karena kami su biasa melakukan nya sedari kecil. Lagian kami su senang melakukan ini semua. Selain itu kami bisa bermain sepanjang jaln sebelum sampai kebun dan menjelang pulang saya juga bisa minum kelapa muda dan makan jambu air.
Saya Cuma bisa menggelang dan melemparkan senyuman hangat pada mereka. Hal yang mungkin sebagian orang di kota-kota besar merupakan hal yang sangat berat. Jangankan untuk mencari dan mengangkat rumput untuk ternak, untuk berangkat kesekolah saja sudah malas. Padahal sudah didukung dengan fasilitas dan kemudahan yang diberikan oleh orang tua mereka.
Hal ini mungkin sangat kontras dengan kehidupan di kota-kota berkembang atau kota maju sekalipun. Disini dengan keterbatasan yang mereka kenyam mereka sangat semangat dan tetap punya harapan suatu saat nanti menjadi orang yang berpendidikan dan tentunya berguna untuk diri mereka nanti.
Inilah yang sebenarnya yang harus kita miliki, yaitu sifat terima apa adanya dan bisa mensyukuri apa yang ada. Selain itu menikamti hidup sangat penting. Karena hidup hanya satu kali dan memang harus dinikamati.
Semoga saya salah seorang yang beruntung, dan bisa menikmati hidup yang hanya satu kali ini dan tentunya memberikan konstribusi yang berarti untuk orang-orang, masyarakat yang ada disekeliling saya.
Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiien
Google Ads
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top